Rekayasa Perangkat Lunak
Selamat datang di dunia inovasi dan kreasi! Selamat datang di Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak di Institut Teknologi dan Sains Mandala, tempat di mana teknologi dan imajinasi bersatu untuk membentuk masa depan digital. Di sini, kami menghidupkan mimpi-mimpi menjadi kode-kode yang berjalan, mengubah konsep menjadi aplikasi yang nyata, dan membantu Anda memahami esensi perangkat lunak yang menggerakkan dunia modern.
Program Rekayasa Perangkat Lunak dibentuk dalam rangka pemenuhan kebutuhan masyarakat tentang pendidikan untuk pengembangan rekayasa perangkat lunak yang mendalam. Institut Teknologi dan Sains Mandala membentuk Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak dengan ciri khas terhadap ekonomi digital. Hasil dari matakuliah yang ada dari program studi merupakan Capstone Project yang mampu memberikan solusi inovatif dalam bidang ekonomi digital khususnya Manajemen SDM dan Pemasaran digital. Dengan memberikan permasalahan yang riil yang dihadapi masyarakat serta kebutuhan industri Capstone Project yang dibentuk diharapkan mampu memberi peran dalam pengembangan keilmuan teknologi perangkat lunak. Harapan dari lulusan mahasisiwa program studi Rekayasa Perangkat Lunak mampu berkontribusi aktif, kreatif dan solutif menyelesaikan permasalahan dalam industri maupun masyarakat dengan menjunjung tinggi rasa bangga kewarganegaraan Indonesia serta sifat humaniora dan peduli sosial.
Visi Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak
- VISI -
“Menjadi program studi Rekayasa Perangkat Lunak sebagai pusat unggulan di bidang rekayasa perangkat lunak yang terkait dengan ekonomi digital dan technopreneur dalam skala Internasional”
- MISI -
Dosen Homebase
Dosen Profesional
Dosen di Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak Terdiri dari berbagai Bidang Keahlian
IQBAL SABILIRRASYAD, , S.ST., M.Tr.Kom
Artificial Itelligence, Data Science, Game Development, Software DevelopmentFERRY WIRANTO, S.Kom., M.Si
Information System, Artificial Itelligence, Data Scientist, Database, Decision Support SystemAGUNG MULIAWAN, S.S.T., M.Tr.Kom
Intelligence computing, knowledge discovering database, software development
MENGENAL LEBIH LANJUT ..
Tujuan Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak
Menghasilakan lulusan yang kompeten dalam bidang perkembangan teknologi rekayasa perangkat lunak berbasis web, desktop dan mobile, kecerdasan buatan dan teknologi game berfokus pada manajemen sumber daya manusia dan pemasaran ekonomi digital melalui Tridharma Perguruan Tinggi dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dan stakeholder yang menjunjung tinggi nilai akademisi dan memiliki sifat profesionalisme.
Tata Nilai Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak
Tata nilai diperlukan untuk mewujudkan visi dan melaksanakan misi yang sudah ditetapkan. Tata nilai merupakan arah sekaligus perilaku seluruh sivitas akademika dalam menjalankan tugasnya. Tata nilai program studi Rekayasa Perangkat Lunak menganut tata nilai Fakultas Sains, Teknologi dan Industri. Tata nilai yang diharapkan pada periode 2024 – 2028 adalah: Unggul, Kreatif , Inovatif, Produktif, Aktif, dan Santun (U-KIPAS).
Unggul
Unggul diartikan mempunyai kompetensi dan kualitas yang mumpuni dalam bidang
Sains, Teknologi, dan Industri serta memiliki jiwa entrepreneur. Indikator dari nilai unggul adalah:
a) Mampu menyelesaikan tugas sesuai kemampuan dan target waktu
b) Mampu memberikan hasil tugas yang berkualitas di atas target
c) Mampu memanfaatkan segala sumberdaya yang ada semaksimal mungkin
d) Hemat dalam penggunaan sumberdaya sesuai kebutuhan
e) Menghargai waktu
Kreatif
Kemampuan untuk menghasilkan atau menciptakan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata yang berbeda dan lebih baik dari sebelumnya. Indikatornya adalah:
a) Fleksibilitas berpikir (out of the box): kemampuan untuk melihat masalah dari sudut
pandang yang berbeda dan menemukan solusi kreatif
b) Originalitas: kemampuan untuk menghasilkan gagasan atau karya yang baru dan belum pernah ada sebelumnya
c) Elaboarasi: mampu mengembangkan ide atau gagasan kedalam bentuk yang lebih nyata
dan, detail, dan kompleks.
Inovatif
Memperkenalkan atau menggunakan ide atau metode baru. Indikatornya adalah:
a) Memiliki pola pikir, cara pandang, dan pendekatan yang variatif terhadap setiap
permasalahan, serta mampu menghasilkan karya baru:
b) Selalu melakukan penyempurnaan dan perbaikan berkala dan berkelanjutan:
c) Bersikap terbuka dalam menerima ide-ide baru yang konstruktif;
d) Berani mengambil terobosan dan solusi dalam memecahkan masalah;
e) Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam bekerja secara efektif dan
efisien;
f) Tidak merasa cepat puas dengan hasil yang dicapai
g) Tidak bersikap tertutup terhadap ide-ide pengembangan
Produktif
Mampu menghasilkan secara terus-menerus dan dipakai secara teratur, baik
dipakai sendiri maupun orang lain. Indikatornya adalah
a) Teliti dalam bekerja.
b) Mampu menyelesaikan setiap pekerjaan sampai tuntas.
c) Menguasai dengan baik pekerjaan dan selalu melatih kemampuan.
d) Mampu meningkatkan hasil pekerjaan dari waktu ke waktu.
Aktif
Giat berusaha dan selalu ingin memecahkan suatu problema. Indikatornya adalah:
a) Memperhatikan dengan baik
b) Memahami masalah yang dihadapi
c) Kemampuan mengmukakan pendapat
d) Mampu menuangkan ide kedalam tulisan
e) Mampu mempresentasikan hasil karyany
Santun
Memiliki makna halus dan baik budi bahasanya serta tingkah lakunya; sabar dan
tenang; atau sopan; penuh rasa belas kasihan; suka menolong terhadap sesama. Indikator dari
nilai santun adalah:
a) beriman dan bertaqwa
b) berbudaya
c) bertanggung jawab
d) demokratis
e) bertoleransi terhadap sesama
f) Mau mendengar dan memperhatikan lawan bicara
g) Mampu mengontrol emosi
h) berkarakter Pancasila
Taat hukum dan disiplin
7. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
Hukum dan Disiplin: Kehidupan Bermasyarakat
8. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
Peningkatan perilaku dan sikap
9. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
Tanggungjawab atas pekerjaan
10. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
Peningkatan nilai atau sikap dalam Bekerja
11. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
Peningkatan perilaku dan sikap
12. Menunjukkan pribadi mahasiswa Institut Teknologi dan Sains Mandala yang cerdas, santun, berkarakter dan berjiwa entrepreneur.