LOWONGAN KERJA 22 AGUSTUS 2024
Hello Kerabat Karir
Dibutuhkan
Franchise Administration Support
Brach Buyer Food
Inventory Control
IT Store Support
di PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk
Penempatan Branch Jember
Buruan kirim CV dan Surat Lamaran anda melalui scan code yang tersedia atau http://alfa.id/karirjember
Sebelum tanggal 31 Agustus 2024
#pusatkariritsmandala
Hello Kerabat Karir
Dibutuhkan
Accounting
di PT Jafran Indonesia
Jl. Airlangga 31 Rambipuji Jember
Buruan kirim CV dan Surat Lamaran anda ke hrd@jfranindonesia.co.id
Sebelum tanggal 30 September 2024
Informasi lenih lanjut hubungi 0812802021
#pusatkariritsmandala
ITSM GELAR EVALUASI PEMBELAJARAN DAN PENYEGARAN RPS BERBASIS OBE
Jember, 22 Agustus 2024 diadakan evaluasi pembelajaran dosen dan penyegaran Rencana Pembelajaran Semester (RPS) berbasis Outcome-Based Education (OBE). Acara dihadiri dosen tetap dan juga dosen luar biasa dari Institut Teknologi dan Sains Mandala (ITSM) serta dibuka secara resmi oleh Rektor Dr. Suwignyo Widagdo, SE, MM, MP. Beliau memaparkan bahwa kegiatan ini selalu dilakukan sebagai upaya menjamin mutu pembelajaran dan memastikan siklus PPEPP (Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, dan Peningkatan Pembelajaran) berjalan semakin baik. Kunci untuk mencapai standar pendidikan yang tinggi yaitu secara kontinyu terus-menerus memperbaiki kualitas proses belajar mengajar
Evaluasi pembelajaran dosen sebagai proses penilaian yang bertujuan untuk mengukur efektivitas pengajaran dosen dan memberikan umpan balik yang konstruktif untuk perbaikan. Evaluasi ini dilakukan dengan cara dan melibatkan beberapa aspek, seperti kualitas pengajaran, metode pengajaran, dan dampaknya terhadap mahasiswa. Evaluasi terhadap seluruh proses belajar di semester Genap dan untuk memantapkan proses belajar di semester ganjil untuk tahun ajaran 2024/2025. Sementara Rencana Pembelajaran Semester (RPS) berbasis Outcome-Based Education (OBE) adalah pendekatan dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang fokus pada hasil atau capaian pembelajaran yang ingin dicapai oleh mahasiswa. Pendekatan ini berusaha memastikan bahwa semua aktivitas pembelajaran, penilaian, dan metode pengajaran terarah pada pencapaian hasil yang telah ditetapkan.
Model evaluasi yang pertama dilakukan dengan mengumpulkan umpan balik dari mahasiswa tentang pengalaman mereka dalam mengikuti perkuliahan, termasuk kepuasan terhadap materi, metode pengajaran, dan interaksi dengan dosen dengan kuesioner yang telah di isi oleh mahasiswa sebagai bahan evaluasi proses belajar mengajar. Pertanyaan yang dirancang untuk mengukur berbagai aspek pengajaran, seperti kejelasan materi, keterlibatan dosen, dan kualitas materi ajar.
Menurut Wakil Rektor I, Dr. Agustin HP, MM menyampaikan bahwa penting sekali untuk menilai rencana pembelajaran dosen untuk memastikan bahwa tujuan pembelajaran, materi, dan aktivitas yang direncanakan sesuai dengan standar akademik. Penyegaran dari RPS OBE memberikan refresh agar RPS yang disusun selalu sesuai dengan menggunakan pendekatan pendidikan yang berorientasi pada hasil atau capaian yang ingin dicapai oleh mahasiswa. Dalam OBE, tujuan utama adalah memastikan bahwa mahasiswa tidak hanya mendapatkan pengetahuan, tetapi juga mampu menerapkan pengetahuan tersebut dalam situasi nyata.
Evaluasi dilakukan oleh Lembaga Penjaminan Mutu dan Satuan Pengawas Internal. Dr. Diana Dwi Astuti,M.Si. menyampakan bahwa selalu dilakukan evaluasi agar proses belajar mengajar sesuai dengan standar mutu akademik dan upaya menjamin mutu pembelajaran sehingga mahasiswa akan sesuai capaian lulusan. LPM sebagai lembaga terus berbenah agar standar tersebut sesuai perkembangan jaman, efektif pendekatan yang holistik dan berkelanjutan, serta memberikan gambaran yang komprehensif mengenai kualitas pengajaran.