Pentingnya Meng-upgrade Bahasa Inggris
By: Siti Nur Wulandari
Meskipun bahasa inggris merupakan bahasa internasional tetapi penggunaan bahasa Inggris dikalangan para remaja sangat minim digunakan. Salah satu faktor yang menjadi penyebab remaja tidak pandai berbahasa inggris ialah karena malas untuk meng-upgrade pengetahuan bahasa inggrisnya.
Bahasa Inggris dapat digunakan sebagai sarana untuk berkomunikasi dalam dunia internasional. Berikut beberapa alasan mengapa dengan meng-upgrade bahasa Inggris bisa menjadi investasi yang mempunyai manfaat jangka panjang:
- Dengan meng-upgrade bahasa inggris secara tidak langsung akan melatih keterampilan berkomunikasi baik dengan orang-orang dari berbagai negara maupun budaya. Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional kerap sekali digunakan dalam dunia bisnis, diplomasi, sains, teknologi, dan bidang lainnya.
- Membuka peluang pekerjaan atau karir, biasanya perusahaan-perusahaan yang menjalin kerjasama internasional akan membutuhkan karyawan dengan skill bahasa inggris yang bagus.
- Memudahkan seseorang untuk mengakses ke sumber daya global, karena pada era ini banyak sumber informasi, penelitian, dan berbagai data tersedia dalam bahasa Inggris. Penguasaan bahasa Inggris yang baik, dapat mengefisiensi waktu untuk mengakses sumber daya ini dengan mudah.
- Bahasa Inggris menjadi penghubung ke dunia digital. Dunia digital identik dengan penggunaan sosial media, seperti TikTok, Instagram, Twitter dan lain sebagainya. Sebagian besar konten dimedsos tersedia dalam bahasa Inggris, untuk itu bahasa Inggris akan menjadi jembatan yang akan memudahkan kita untuk ikut berpartisipasi dalam forum online.
- Meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik dan meningkatkan rasa percaya diri saat berbicara maupun berdiskusi dengan orang yang berasal dari mencanegara.
- Dalam konteks pendidikan bahasa Inggris sangat diperlukan bagi seseorang yang berencana untuk belajar di luar negeri, pengetahuan bahasa Inggris adalah aset berharga untuk memenuhi persyaratan penerimaan dan berkomunikasi selama studi Anda.