Pemenang Lomba Essay Tingkat Nasional: “Ingin Melakukan Inovasi? Challenge Dirimu!”
Ditulis oleh: Siti Nur Wulandari
Mencoba-coba melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan terdengar sangat ekstrem tetapi jika belum pernah mencoba rasanya belum puas. Suatu perlombaan merupakan ajang untuk unjuk prestasi, men-challenge diri agar melakukan yang terbaik. Mahasiswa Institut Teknologi dan Sains Mandala, lagi-lagi membuat gempar kampus dengan prestasinya.
Endang Sriwahyu Arini dan Erlis Oktafiani, berhasil menjadi juara 2 dilomba essay tingkat nasional tahun 2023 yang diadakan oleh UNISKA KEDIRI. Mereka merupakan mahasiswa aktif di Institut Teknologi dan Sains Mandala Jember yang sekarang semester 4 dengan prodi akuntansi. Judul essay yang mereka angkat adalah “Resesi: Tantangan dan Kesempatan Investasi di Era Modern”
Awal mula motif mereka mengikuti lomba esssay ini dikarenakan biaya pendaftarannya yang tergolong murah, dan ini merupakan lomba perdana yang mereka ikuti dengan niat hanya coba-coba saja dan tidak berharap lebih pada lomba ini. Selain itu, mereka juga berpikir peserta lomba yang lain pasti sudah fasih dalam membuat essay dan pastinya juga penuh dengan kesiapan.
Namun siapa sangka, berkat kerjasama dan konsisten serta diiringi dengan doa untuk mencapai hasil yang maksimal pada hari Minggu, tanggal 18 Juni 2023 yang lalu, ketika pengumuman 10 besar nama tim mereka yang diberi nama “Mandala” berhasil lolos menuju babak final. Mengetahui hal tersebut mereka terharu sekaligus gembira karena essay perdana yang mereka susun membuahkan hasil yang manis.
Sempat ragu dengan keberangkatannya menuju UNISKA KEDIRI dikarenakan biaya transportasi ke Kota Kediri pasti cukup menguras dompet mereka. Namun kemudian Arin mengajak Erlis untuk membuat surat permohonan dana ke pihak kampus. Lalu pihak kampus segera memproses surat permohonan dana tersebut sehingga mereka bisa berangkat ke Kota Kediri dengan dibiayai oleh kampus.
Sesampainya di UNISKA KEDIRI, mereka merubah mindset awal meraka yang semulanya “Jika gagal, tidak apa-apa, ini lomba perdana kita” menjadi “Harus mengupayakan menang karena kita sudah sangat di-support oleh pihak kampus”. Semangat membara yang mereka kobarkan membawa hasil yang sangat memuaskan. Pepatah lama “usaha tidak akan mengkhianati hasil” memang benar apa adanya, berkat usaha dan kesungguhan yang mereka lakukan akhirnya mereka menjadi juara 2 di perlombaan ini dan tentunya atas izin Allah Swt, serta doa dan support atau dukungan para dosen beserta pihak kampus.
Motivasi mereka untuk mencari pengalaman baru yaitu dengan menantang diri mereka untuk menulis essay kini membuahkan hasil. Menjalin relasi antar kampus menjadi hadiah yang tak pernah terbayangkan sebelumnya.
Beberapa tips untuk membuat essay yang mereka bagikan adalah menentukan tema yang akan diambil terlebih dahulu. Selanjutnya mencari referensi baik dari jurnal, artikel,buku maupun website. Dalam penulisan essay sebaiknya menggunakan kata yang baku dan mudah dipahami. Jangan lupa untuk memahami format kepenulisan yang ditentukan oleh panitia. Dan yang terpenting jangan pernah lelah untuk revisi karena mencapai sebuah keinginan memang tak bisa didapatkan secara instan.
WORKSHOP MEMBANGUN BRANDING AKTIVITAS MAHASISWA
Jember, 26 Juli 2023 Intitut Teknologi dan Sains Mandala (ITSM) mengadakan workshop membangun Brand UA/UKM ITSM dengan mengundang devisi yang membidangi bidang publikasi di tiap UA dan UKM. Dunia digital yang sekarang sudah marak karena semua informasi di akses melalui media sosial membuat kebutuhan publikasi melalui media massa adalah hal yang tidak bisa di elakkan.
Acara ini dikemas dalam materi serta pelatihan langsung dengan pembuatan video dari masing-masing UA/UKM. Hasil pelatihan sebagai luaran workshop berupa Video akan di publikasi di Media sosial ITSM. Sangat luar biasa bahwa UA dan UKM mampu memproduksi video menarik sesuai icon unik dari masing-masing UA/UKM.
Menurut Yuliatin Azizah, S.Sos.I, MM sebagai kepala Humas dan Protokol menjelaskan bahwa workshop ini di adakan agar setiap UA dan UKM memiliki kemampuan membranding melalui media sosial dengan memberikan informasi yang dikemas menarik sehingga dapat dinikmati sekaligus memberikan informasi kegiatan UA dan UKM. Membranding yang baik juga bertujuan dapat memperkuat Brand ITSM, dapat menjalin kerjasama antar Sekolah, perguruan tinggi dan dunia industri.
Dr. Suwignyo Widagdo, SE, MM, MP Rektor ITSM memaparkan bahwa membranding atau membangun merek yang kuat ITSM sangat penting guna meningkatkan daya tarik dan kepercayaan, menciptakan identitas yang unik sesuai Visi dari ITSM yaitu menjadi perguruan tinggi terkemuka bidang ekonomi, bisnis, sains dan teknologi yang berdaya saing nasional dan internasional. Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa berbagai kerjasama sudah dibangun baik nasional, internasional serta berbagai aktivitas mahasiswa berprestasi juga sangat banyak sehingga dibutuhkan kemasan yang baik untuk memperkuat brand ITSM.